Kamis, 03 Agustus 2017

 Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)       

        PKK di desa Jenangger Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep Jawa Timur telah di bentuk pada tanggal 18 Februari 2014 setelah pemilihan kepala desa Jenangger yang baru, PKK di lantik di Balai desa Jenangger Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Adapun yang menjabat sebagai ketua PKK yakni istri dari kepala desa Jenangger Bapak Sulaiman yang telah terpilih pada pemilihan kepala desa pada tahun 2014, berikut struktur organisasi tim Penggerak PKK desa Jenangger Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep Jawa Timur






Tim PKk desa Jenangger juga memiliki 4 bidang yang disebut dengan PO’JA 1 hingga PO’JA 4 adapun bidangnya yakni :

  #  Po’ja 1  : bidang dalam pengajian dan mendidik anak-anak hingga remaja agar anak-anak di desa Jenangger dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sopan.

 #  Po’ja 2  : bidang dalam keterampilan (memasak),pendidikan,dan koperasi.

 #  Po’ja 3  : bidang dalam sandang & pangan, tatarias & busana, tata ruang & tata letak.       

 #  Po’ja 4  : bidang dalam kesehatan masyarakat yakni posyandu, bumil dan balita, penyaluran makanan bergizi, dan BKB (Bina Keluarga Balita).
     Setelah di bagi menjadi beberapa bidang, kemudian ibu-ibu PKK desa Jenangger mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan sosial, ekonomi, pendidikan, keagamaan, dan lain- hingga pertemuan rutin yang harus di jalankan ibu-ibu PKK desa Jenangger seperti :
#   Ibu-ibu PKK desa Jenangger mengadakan Pertemuan 1 bulan 1 kali ketika selesai   menghadiri    rapat konsultasi PKK di Kecamatan Batang-batang.
#   Ibu-ibu PKK desa jenangger menghadiri PKK di setiap dusun di desa Jenangger.
#   Ibu-ibu PKK setiap hari Jum’at mengadakan gotong royong bersama warga setempat.
#   Ibu-ibu PKK setiap 2 minggu 1 kali mengadakan praktek membuat makanan,kue,cinderamata,dan kerupuk dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tumbuh di dekitar desa Jenangger. 
#   Ibu-ibu PKK setiap bulan berkumpul  untuk melakukan pengajian agama.Ibu-ibu PKK setiap bulan berkumpul  untuk melakukan pengajian agama. 
#  Ibu-ibu PKK setiap bulan berkumpul  untuk melakukan pengajian agama. 
Ibu-ibu PKK setiap bulan berkumpul  untuk melakukan pengajian agama.
Ibu-ibu PKK mengadakan posyandu setiap dusun di desa Jenangger.
#  Ibu-ibu PKK setiap bulan Agustus ikut berpartisipasi meramaikan mengikuti lomba-lomba  yang diadakan baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.
Ibu-ibu PKK mengadakan berziarah ke beberapa tempat seperti ke wali 5.
Ibu-ibu PKK berpartisipasi mengikuti pelatihan tata rias manten di Pendopo Mahkamah Agung Kabupaten Sumenep.
#  Ibu-ibu PKK memberikan bantuan yang di salurkan untuk orang yang kurang mampu dan anak yatim piatu biasanya kegiatan ini diadakan pada saatn bulan suci ramadhan.






                                                  By :Claudya
                                                 KKN Tematik 32 UTM

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar