Kamis, 03 Agustus 2017

KELOMPOK BELAJAR DAN TAMAN KANAK-KANAK



YAYASAN AL – BUSTOMI, KELOMPOK BELAJAR DAN TAMAN KANAK-KANAK CERIA YANG BERPRESTASI DITINGKAT KECAMATAN DAN KABUPATEN

Lembaga pendidikan formal di desa Jenangger saling berkaitan satu sama lain antara KB (Kelompok Bermain), TK (Taman Kanak-Kanak), RA ( Raudlatul athfal), SD (Sekolah Dasar), MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan MTs (Madrasah Tsanawiyah). Kelompok Belajar di Desa Jenangger ada satu institusi yang bernaung di bawah yayasan Al – Bustomi bersama dengan TK Nurul Hikmah. Kelompok Belajar Nurul Hikmah ini memiliki hari efektif pada hari Selasa, Jum’at dan Sabtu saja. Dengan pertimbangan bahwa anak pada usia 3 – 4 tahun sebaiknya memanfaatkan waktunya untuk bermain dan mengeksplorasi berbagai hal bersama kedua orang tua atau kerabat terdekat.
 Berbeda dengan TK (Taman Kanak-kanak)  yang dikepalasekolahi oleh Halimatus Sa’diyah dan memiliki hari efektiv selama 6 hari dan pada hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur bagi siswa dan guru. KB dan TK Nurul Hikmah ini telah berdiri selama 14 tahun dari tahun 2003 yang didirikan oleh bapak Rusdiyanto dimana untuk TK didirikan lebih dahulu daripada KB. Yayasan Al – Bustomi memiliki 4 gedung, satu gedung untuk kantor guru dan administrasi, dua gedung sebagai ruang untuk kegiatan belajar mengajar siswa TK kelompok A dan Kelompok B sedangkan satu gedung untuk kegiatan belajar mengajar untuk KB (Kelompok Belajar) usia 3 – 4 tahun.
Tenaga pengajar untuk yayasan Al – Bustomi sebanyak 9 orang dengan pembagian tenaga pengajar untuk Kelompok Belajar sebanyak 2 orang dan tenaga pengajar untuk TK sebanyak 7 orang pada tahun 2017 sampai hari ini. Sedangkan murid KB Nurul Hikmah sebanyak 30 orang dan murid total TK Nurul Hikmah sebanyak 28 orang pada tahun ajaran 2016/2017. Kegiataan yayasan Al – Bustomi terbagi menjadi dua, yaitu kegiatan intra dan ekstra. Kegiatan intra berupa kegiatan belajar mengajar sehari-hari selama 6 hari berturut-turut dari hari Senin sampai Sabtu. Sedangkan kegiatan ekstra berupa Haflatul Imtihan, karnaval dan lomba antar kecamatan. Haflatul Imtihan dan karnaval dilaksanakan tiap satu tahun sekali sedangkan lomba antar kecamatan dilaksanakan tiap ada kegiatan lomba. Lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswa yayasan Al – Bustomi telah meraih juara 3 lomba bercerita tingkat kecamatan untuk TK, juara 2 lomba menggambar pola dasar tingkat kecamatan untuk TK, juara 3 lomba bercerita tingkat kabupaten untuk TK dan juara 3 lomba Kelompok Belajar tingkat kabupaten. Meskipun yayasan ini berada di desa, namun dapat diperhitungkan ditingkat kecamatan dan kebupaten.
                                                         By : M. Syamsul Arifin, M. Awaliza, Karimatus Sa’diyah 
                                                         KKN Tematik 32 UTM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar